Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Gumoh

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Gumoh

inilah Cara Mengatasi Bayi Gumoh

Sering kali bayi gumoh, hal ini cukup sering di alami oleh moms. Terutama untuk bayi yang usia dibawah satu tahun. Istilah gumoh sendiri memiliki maksud keluarnya cairan susu atau makanan yang baru saja di telan oleh bayi. Kondisi gumoh memang kebanyakan normal dan lazim terjadi, namun ada beberapa hal yang patut untuk diwaspadai.

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Gumoh
Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Gumoh

Kondisi gumoh pada bayi memang lazim terjadi, terutama untuk anak dengan usia kurang dari satu tahun. Penyebabnya adalah kerongkongan bayi yang masih belum berkembang secara sempurna dan ukuran lambung yang masih kecil. Seiring dengan bertambahnya usia si kecil yang menginjak usia satu tahun maka gumoh akan berangsur hilang, hal ini disebabkan otot cincin kerongkongan yang berada di dasar akan cukup kuat serta berfungsi dengan baik. Tujuanya adalah agar makanan yang ada didalam perut si kecil tidak keluar atau gumoh.

Upaya Mengatasi Bayi Gumoh

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan apa bila bayi sering gumoh, tentunya cara cara ini bisa anda sesuaikan dengan kasus yang dialami oleh di kecil. Inilah beberapa cara mengatasi bayi Gumoh,

Biasakan memberikan makanan atau menyusui bayi dalam keadaan tegak, pertahankan possi bayi tegak sekitar 20-30 menit setelah pemberian susu atau makanan. Tujuannya adalah membiarkan asupan makanan turun kedalam salura pencernaan dan jangan di ajak bermain terlebih dahulu.

Berikan susu atau makanan lebih sedikit, memberikan makanan yang lebih sedikit dengan frekuensi yang sering akan menjadikan si kecil lebih mudah untuk makan. Jangan lupa untuk membuat si kecil sendawa setiap menghabiskan susu atau di sela menyusui sekitar 2-3 menit sekali.

Perhatikan bayi yang menyusu dengan menggunakan dot, sebaiknya memperhatikan besar dot atau ukuran dot yang digunakan. Jangan menggunakan dot yang terlalu besar karena akan memicu gumoh pada bayi. Jangan sampai si kecil mengisap botol dot yang kosong.

Biasakan agar bayi tidur terlentang, jangan membiasakan bayi tidur tengkurap karena posisi tengkurap akan memicu sindrom kematian pada bayi yakni sindrom kematian bayi mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS).

Cara mengatasi Bayi gumoh pada anak tergantung dari kasus yang ada pada anak, apabila anak anda gumoh secara terus menerus kami sarankan untuk dibawa ke dokter.