7 Booster ASI Paling Ampuh Menurut Saya ya Ini

7 Booster ASI Paling Ampuh Menurut Saya ya Ini

BOOSTER ASI PALING AMPUH – Bunda merasa galau karena ASI belum lancar? mulai khawatir tidak bisa memberikan ASI? tenang bun, banyak ibu juga mengalami hal yang sama.

Dibawah ini cerita pengalaman pribadi dan berbagai referensi yang saya satukan supaya tidak asal menyusui tapi juga ada ilmunya.

Apalagi faktanya hanya 30,2% ibu yang memberikan ASI Eksklusif ([PDF] Riset Kesehatan Dasar – Riskesdas 2013)

Ini bukan masalah mau atau tidak mau, tapi karena bertanya pada orang yang salah, informasi yang kurang tepat, tidak dapat dukungan, iklan sufor yang gencar, mitos dll.

1. Niatkan Menyusui Sebagai Ibadah

menyusui sebagai ibadah
Niatkan menyusui sebagai ibadah supaya ibu mendapatkan kekuatan batin untuk bisa memberikan asi (source: shutterstock.com)

Mungkin ini jarang banget didengar/ dibahas di komunitas atau situs-situs online. Tapi saya ingin menyampaikan ini, menjadikan yang pertama sebagai list booster asi paling ampuh.

Jadi gini ya sahabat para ibu seperjuangan,

Menyusui lebih dari sekedar proses memberikan ASI supaya bayi kenyang dan tenang.

Menyusui adalah proses penyaluran kasih sanyang, membangun bonding (ikatan emosional), pendidikan sejak dini dan ibadah.

Jadikan proses menyusui ini senagai sebuah ibadah, bukan sekedar insting keibuan karena setiap teguk ASI yang diminum bayi disitu ada pahala yang didapat ibu.

Gencarnya iklan susu formula seringkali menyesatkan, sufor memiliki kesan yang terbaik, bahkan lebih baik dari ASI, padahal makanan terbaik bagi bayi baru lahir sampai dua tahun ya ASI, tidak ada tandingannya.

Kalau kita mau memahami lebih dalam, ASI ini sebenarnya adalah bukti kasih sayang Allah.

Sebelum ada penelitian dua tahun pertama merupakan “The Golden Age” masa keemasan anak, Allah telah memerintakan supaya kita memberikan ASI selama dua tahun.

Allah SWT berfirman pada Surat Al Baqarah 233 “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.”

Bahkan karena pentingnya menyusui, ibu susuan sampai ‘disetarakan’ dengan ibu kandung. Saudara sepersusuan menjadi mahram (QS An-Nisaa’:23).

Jadi niatkan mulai dari awal ini sebagai ibadah, jika ada kesulitan dalam prosesnya maka berpasrah diri, berdoa minta jalan terbaik, Insya Allah dimudahkan.

2. Menyusui dengan Keras Kepala dan Semangat Baja

booster asi paling ampuh datang dari dalam diri
booster asi paling ampuh datang dari dalam diri, harus ngeyel, harus semangat baja untuk bisa memberi asi (source: brilio.net)

Seperti slogan AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) “menyusui dengan keras kepala dan semangat baja”, ini udah paling bener banget.

Kalau mau jujur kadang kita ini kurang ngeyel. ASI dikit, bayi rewel, udah terbesit di fikiran “kasih sufor aja, ASI aku nggak bakal cukup”.

Menyusui nggak boleh menyerah, susui bayi sesering mungkin 2-3 jam sekali walaupun hanya keluar sedikit. Karena semakin sering bayi menyusu langsung, maka produksi ASI secara bertahap akan meningkat.

Prinsip dasar produksi ASI itu sifatnya supply by demand. Jika kebutuhan bayi meningkat maka otomatis ASI juga meningkat.

Artinya dengan menyusui lebih sering makan tubuh akan merespon bahwa si bayi butuh lebih banyak ASI, akhirnya tubuh juga memproduksi lebih banyak ASI

Prinsip ini juga berlalu sebaliknya, kalau jarang menyusui ya produksi asi turun, itu sebabnya jika tidak bisa menyusui langsung maka wajib pumping.

Kalau kerja gimana dong?

Tenang bun, buat working mom bisa kok menyusui bayi secara Eping (exclusive pumping), yang penting rajin pumping, tiap dua-tiga jam sekali. Jadi bayi tetap kenyang, kerja jadi tenang.

Supaya tidak mudah putus asa saat program exclusive pumping saran saya bunda baca studi kasus: apakah ASI akan berhenti bila hanya dipompa?

Atau kalau mau bisa coba power pumping. Tiap satu jam sekali pumping dengan durasi 15 menit, ini akan merangsang produksi asi secara cepat. Kendalanya harus punya banyak waktu, kalau ibu bekerja pasti ribet ngatur waktunya.

Ketika bunda sudah berada dirumah tetap usahakan menyusui langsung karena banyak banget manfaatnya, selain memberikan ASI juga membangun bonding (ikatan emosional) dengan si buah hati.

3. Jaga Asupan Nutrisi Bunda

booster asi dari makanan pelancar asi (source: motherandbaby.co.id)
menjaga asupan nutrisi dalam tubuh sangat penting supaya produksi asi tetep lancar (source: modo.co.id)

Yang harus bunda fahami, untuk bisa memproduksi ASI tubuh memerlukan bahan baku yang tidak sedikit, jadi kalau bisa jangan ada acara diet-dietan dulu di masa menyusui ini.

Kalau lapar ya makan, tidak usah takut gemuk karena makanan yang masuk kedalam tubuh akan di proses menjadi ASI.

Logikanya begini, bagaimana ASI mau diproduksi kalau bahan bakunya aja nggak ada, ada bahan baku (baca: nutrisi) yang masuk tapi cuma cukup buat kebutuhan tubuh kita sendiri.

Yang paling umum di konsumsi saat menyusui biasanya buah dan sayur. Hayoo yang males makan sayur ayo semangat yaa..

Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), ada beberapa makanan yang bersifat laktogogue atau dapat melancarkan ASI.

Laktogogue adalah zat yang dipercaya dapat membantu merangsang, mempertahankan atau meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) ibu menyusui.

Detailnya udah saya tulis di artikel terpisah, jadi nanti silahkan baca 10 makanan pelancar ASI paling ampuh di Indonesia.

4. Minum Mama Asix

mama asix booster asi paling ampuh
mama asix jadi salah satu booster asi paling ampuh yang wajib bunda coba (source: mamaasix.com)

Kita udah menjaga asupan nutrisi tapi produksi ASI masih kurang aja, kadang kita yang nggak sempet belanja dan menyiapkan makanan yang macem-macem maka ini bisa jadi solusi.

Jika diperlukan saya menyarankan bunda untuk minum Mama Asix, bentuknya teh herbal. Bunda bisa minum 2x pagi dan malam untuk membantu melancarkan asi.

Berdasarkan survey IKK (indeks kepuasan konsumen) tahun 2017 yang dilakukan produsen, minum Mama Asix ini bisa meningkatkan jumlah ASI dalam waktu 1-2 hari.

Mengapa harus minum Mama Asix?

Mama Asix ini berasal dari bahan herbal tanpa BKO (bahan kimia obat) jadi akan aman di untuk ibu dan bayi.

Kandungan bahan herbal dalam Mama Asix merupakan stimulator potent untuk produksi ASI yang memiliki kemampuan meningkatkan ASI jadi lebih banyak.

Mengandung flavonoid dan kumarin yang termasuk golongan fitoestrogen yang memiliki efek mengembangkan jaringan payudara supaya ASI lancar.

Mama Asix bisa merangsang terjadinya Let Down Reflect (LDR) atau refleks keluarnya hormon oksitosin yang menstimulasi keluarnya ASI (milk ejection reflex) jika ASI tidak mau keluar.

Secara sederhana, formula Mama Asix berkerja tepat melancarkan asi sejak pertama kali diminum. Jadi tidak ada salahnya coba minum Mama Asix.

Info terkait Mama Asix cari sendiri di mbah Google ya, ketik aja “Mama Asix”  atau langsung mampir ke websitenya http://mamaasix.com/

5. Perasaan Bahagia, Minimalisir Stress

stress saat menyusui
minimalisir stress, karena perasaan bahagia itu booster asi paling ampuh untuk sukses menyusui (source: rockingmama.id)

Ibu menyusui itu emang super sensitif, kita stress dikit aja produksi ASI bisa turun, jadi harus pintar-pintar jaga mood.

Saya udah membuktikan ini, saya yakin nanti Anda juga pasti akan mengalami yang namanya stress.

Penyebabnya macem-macem, ketika awal-awal setelah melahirkan ibu mudah stress karena ASI belum juga lancar.

Belum lagi rasa khawatir belebihan karena takut tidak bisa merawat bayi dengan baik, mendengar tangisan bayi rasanya kok tambah stress apalagi kalau bayi panas tambah ngedrop.

Pemicu stress seperti ini yang harus segera bunda atasi supaya perasaan jadi lega dan bahagia, istilahnya jadi good mood lah.

Karena terus-terusan stress produksi ASI bisa turun malah jadi susah keluar.

Solusinya ya berserah diri, pasrah, dijalani aja. Sedikit bersantai juga perlu, minta bantuan suami suapa bunda bisa sedikit bersantai, sekedar bisa mandi dengan tenang juga cukup jadi obat yang mujarab.

Apalagi untuk ibu bekerja, kadang kerjaan kantor ini membuat tambah stress, ya pintar-pintar atur waktu. Kadang jalan makan diluar bersama suami dan si kecil juga bagus untuk mengembalikan suasana hati supaya lebih santai.

6. Dukungan Suami dan Keluarga

dukungan suami juga merupakan booster asi paling ampuh
dukungan suami dan keluarga juga merupakan booster asi yang ampuh (source: lancarasi.net)

Saya udah sering banget mendengar ibu baru gagal menyusui karena tidak mendapat dukungan dari suami dan keluarga.

Level terdekat itu suami, kalau suami udah nggak pro ASI bisa stress di ibu.

Minta dukungan suami, ajak suami diskusi supaya dia juga jadi Pro ASi, kalau perlu suruh baca artikel ini.

Kalau suami yakin deh lebih mudah, dijelasin satu dua kali biasanya langsung nurut.

Biasanya yang sering sih orang tua/ mertua (kakek/nenek si bayi). Apalagi kalau mereka belum faham pentingnya ASI buat bayi, bawaanya pengen buru-buru ngasih sufor aja.

Ya walaupun tidak secara langsung ngomong “stop, kamu jangan menyusui”

Kadang lihat ASI kita belum lancar, mereka heboh duluan, mendorong si ibu supaya segera memberikan sufor, “kasian bayinya laper, ASI mu nggak cukup, udah dari sono nya dikit” gitu kira2 ujaran mereka.

Kadang saya malah sering dengan mereka menyarankan sufor supaya bayi bisa ditinggal kerja, biar nggak nagis terus kalau di tinggal ibunya, duhh sedih + kasihan banget rasanya.

Jangan dituruti, kalau bunda turuti semakin lama ASI bunda akan berkurang, malah bisa macet (prinsip supply by demand).

Minta bantuan suami untuk bareng-bareng menjelaskan ke orang tua yang belum faham dengan cara yang baik, mudah di mengerti dan santun.

Prinsipnya sederhana, orang tua seperti itu karena mereka belum faham aja manfaat & pentingnya ASI buat bayi, ya efek kebanyakan kena iklan sufor mungkin.

Kalau orang tua faham tak jamin mereka akan bantu bunda mati-matian buat bisa memberikan ASI, udah saya buktikan sediri.

Pelan-pelan tiap abis maghrib gitu di jelasin, diajak ngobrol. untuk memperkuat, kalau ada waktu atau pas Posyandu minta bantuan Bidan untuk jelaskan pentingnya ASI ke orang tua.

Kuncinya harus teguh pendirian dan sabar memberikan informasi ke keluarga kita.

7. Banyak Minum Air Putih

air booster asi paling ampuh
88,1% ASI terbentuk dari Air, itu sebabnya Air menjadi booster asi yang ampuh (source: mamabear.co.id)

Air sebagai booster ASI mungkin terdengan “apa cuma air aja, serius lo!”, tapi saya serius soal ini dan juga yakin pasti bisa dilakukan sesibuk apapun bunda. Apalagi kalau kita baca data di atas.

Komposisi Air Susu Ibu (ASI):

  • Air 88,1%
  • Lemak 3,8%
  • Protein 0,9%
  • Laktosa 7,0%
  • Lainnya 0,2%

Jadi faham kan 88,1% kandungan ASI adalah Air. Dengan beraktifitas/ bekerja setiap hari membuat bunda menjadi haus dan kehilangan cairan. Jadi wajib hukumnya bunda minum banyak, pertama untuk kebutuhan tubuh yang kedua untuk kebutuhan (pembentuk) ASI.

Menurut lembaga non profit dari Amerika yaitu The Institute of Medicine (IOM) memberikan rekomendasi agar ibu menyusui mengkonsumsi air putih sebanyak 3,1 Liter atau setara 13 gelas setiap harinya.