Cara Menyusui Bayi Setelah Operasi Caesar

Cara Menyusui Bayi Setelah Operasi Caesar

Operasi Cesar menjadi pilihan beberapa wanita dalam melakukan persalinan. Pertimbangan dalam melakukan kelahiran secara cesar pun bisa menjadi pertimbangan sendiri atau pun atas petunjuk dari dokter sehingga mengharuskan operasi Cesar. Yang menjadi perhatian dalam operasi Cesar adalah asupan ASI pasca operasi cesar. Padahal kita tahu bahwa operasi cesar dilakukan atas pertimbangan tertentu dan proses menyusui juga membutuhkan kondisi tubuh yang fit. Hal ini bisa menjadi masalah manakala kondisi ibu yang lemah pasca operasi cesar.

Tips Menyusui Bagi Bayi Lahir Caesar
Tips Menyusui Bagi Bayi Lahir Caesar

Kondisi ibu yang lemah pasca operasi cesar menjadikan kebutuhan ASI untuk bayi kurang bisa terpenuhi. Hal ini juga berimbas pada anak yang baru dilahirkan. Dengan pengaruh obat anetesi dan juga obat obat lain yang digunakan oeprasi maka anak akan terlihat lebih lesu dan lemah. Hal ini jelas berbeda untuk anak yang lahir secara normal. Hal ini juga mengakibatkan bayi yang lahir secara cesar akan kesulitan untuk menghisap ASI.

Untuk memudahkan proses menyusui ASI eksklusif pasca kelahiran anak secara cesar, maka yang perlu anda lakukan anda mempersiapkan suami yang selalu siap sedia untuk membantu kebutuhan anda. Semisal, membantu bayi dalam proses menyusui di awal dengan menempatkan bantal untuk posisi bayi yang nyaman.

Pada proses operasi cesar, yang menjadi perhatian utama adalah efek dari pembiusan yang dilakukan sebelum operasi. Namun anda tidak perlu terlalu khawatir dan serahkan sisanya pada keluarga anda, hal ini untuk membantu anda menghadapi masa masa pra dan pasca operasi Cesar. Kami juga menyarankan untuk memberikan ruangan khusus atau waktu khusus untuk anak dan ibu menyusui secara langsung pasca melahirkan si anak.

Inilah Tips Menyusui Bagi Bayi Lahir Caesar

Beberapa Tips untuk membantu anda dalam menghadapi Menyusui Bagi Bayi Lahir Caesar.

  • Mengetahui posisi tidur yang nyaman untuk digunakan, silahkan berkonsultasi pada ahlinya agar luka bekas operasi tidak mengganggu anda dan silahkan mencari posisi tidur yang nyaman.
  • Gunakan kursi khusus ketika ingin duduk, anda bisa menggunakan kursi yang berlengan dan yang memiliki sandaran tegak. Fungsinya adalah untuk mengangkat tubuh sang bayi untuk sama tinggi dengan payudara dan melindungi bekas luka.
  • Berkonsultasi dengan orang yang ahli terkait posisi untuk menyususi si bayi dengan nyaman tanpa takut dengan bekas luka pasca operasi cesar.

Semoga memberikan manfaat kepada anda.