Bagaimana Cara Melakukan Relaktasi Bagi Ibu Menyusui

Bagaimana Cara Melakukan Relaktasi Bagi Ibu Menyusui

Apakah moms tahu apa yang disebut dengan relaktasi?

Relaktasi merupakan kegiatan memberikan susu lagi bagi ibu menyusui untuk anak bayinya.

Perlu moms ketahui bahwa ASI memiliki beragam manfaat yang bisa dirasakan oleh bayi maupun moms. Sebagai gambaran, Tuhan telah memberikan anugerah terbesar untuk anak lewat perantara ibu, salah satunya adalah adanya ASI. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, ASI ekslusif yang memiliki rentan waktu 0-6 bulan semenjak bayi dilahirkan sangat dibutuhkan oleh bayi, baik untuk tumbuh kembangnya maupun untuk kecerdasan otak si bayi. Didalam ASI pun ada zat khusus yang sangat cocok sesuai dengan kebutuhan bayi sesuai umur. Karena pada rentan umur tersebut, bayi biasanya sangat rentan terhadap makanan dari luar. Hal ini disebabkan kandungan makanan dari luar belum bisa dicerna secara sempurna.

Bagaimana Cara Melakukan Relaktasi Bagi Ibu Menyusui
Bagaimana Cara Melakukan Relaktasi Bagi Ibu Menyusui

Moms perlu tahu bahwa masa menyusui yang harus dilakukan adalah enam bulan awal semenjak kelahiran dan berlanjut hingga dua tahun umur bayi. Hal ini akan berimbas pada tingkat kecerdasan anak yang semakin tinggi.

Agar moms bisa mengoptimalkan memberikan ASI yang bermanfaat, maka informasi dari (WHO) World Health Organization tentang ASI ini perlu moms tahu seperti, melakukan inisiasi menyusui bayi setelah bayi lahir, memberikan ASI Eksklusif hingga bayi berumur enam bulan, memberian makanan pendamping ASI yang berkualitas sejak usia enam bulan dan terus menyusui si anak hingga umur 2 tahun.

Keadaan Moms yang Terhenti ASI

Ada kalanya ASI tidak bisa dikeluarkan secara lancar, ada berbagai alasan yang menjadikan hal ini seperti, keadaan moms yang bekerja, moms yang sakit sehingga tidak bisa menyusui si anak, ASI mengering dan lain sebagainya.

Dengan berhentinya ibu dalam memberikan ASI, maka kebanyakan ibu akan merasa bahwa gagal dalam memberikan ASI sehingga sudah malas untuk menyusui. Hal ini akan berimbas pada ASI mengering atau pun bayi yang tidak mau menyusu.

Proses relaktasi menjadi pilihan yang bisa diambil manakala ibu ingin proses menyusui kembali dilakukan, hal ini bisa dipraktekan walaupun setelah beberapa waktu tidak menyusui anak. Inilah cara ampuh untuk memudahkan moms menyusui.

Silahkan anda melakukan proses menyusui sesering mungkin dalam kurun waktu satu hari. dengan memperbanyak frekuensi menyusui anak maka anak akan terbiasa untuk disusui.

Semoga bermanfaat.