Berapa Takaran Jumlah ASI yang Dibutuhkan oleh Bayi?

Berapa Takaran Jumlah ASI yang Dibutuhkan oleh Bayi?

Takaran Jumlah ASI yang dibutuhkan oleh Bayi bisa anda temukand diartikel kami yang berisi informasi tentang ibu hamil, menyusui dan seputar kebutuhan bayi.

Berapa Takaran Jumlah ASI yang Dibutuhkan oleh Bayi
Berapa Takaran Jumlah ASI yang Dibutuhkan oleh Bayi

Untuk kebutuhan tumbuh kembang bayi, ASI menjadi pilihan utama sebagai sumber gizi yang bisa dicerna dengan baik oleh si adek bayi. Bahkan untuk bayi usia 0 hingga 6 bulan ASI ekslusif ditunjukan untuk bayi dengan rentan usia tersebut dan dilanjutkan hingga anak berusia 2 tahun. Ketika pemberian ASI Eksklusif, anak tidak diberikan makanan atau minuman lain dan hanya diberikan ASI saja, inilah mengapa dinamakan ASI Eksklusif.

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Boston Children Hospital, para ahli mengatakan bahkan dengan memberikan anak ASI sejak dini maka tingkat Intelegensi (IQ) dan bahasa akan lebih tinggi dimasa yang akan datang. Hal ini pun senada dengan panduan yang diberikan oleh WHO yang terbaru, dimana ASI yang diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan dan minuman tambahan apapun mampu mencukupi kebutuhan si bayi dalam rentan waktu 6 bulan pertama dalam kehidupan bayi.

Untuk bayi yang baru lahir, akan ada peningkatan jumlah kebutuhan ASI yang cukup besar, namun seiring berjalannya waktu maka kebutuhan ASI si kecil akan menetap hingga 6 bula. Namun ada masa masa bagi si bayi dimana kebutuhan akan ASI meningkat yakni dimasa growth spurts. Tai yang perlu diperhatikan oleh moms adalah memberikan ASI hingga di kecil merasa kenyang, lalu bagaimanakah ciri bayi yang sudah kenyang?

Jumlah Takaran ASI yang Dibutuhkan Bayi hingga Kenyang

Bagi moms, penting untuk mengetahui apakah kebutuhan si bayi sudah cukup untuk ASI yang diberikan. Berikuti ini adalah tanda tanda yang bida diperhatikan untuk si kecil yang telah cukup ASI dan merasa kenyang.

  1. Bayi akan menghentikan isapan pada payudara dengan sendirinya
  2. Moms akan merasa bahwa payudara tidak terasa penuh
  3. Adek bayi akan kelihatan tenang dan lelap tidur
  4. Frekuensi buang air kecil adek bayi lebih dari 6 kali sehari
  5. Warna tinja bayi terlihat berwarna gelap, hijau kehitaman – kuning
  6. Berat badan bayi akan meningkat dalam waktu yang cepat dalam 2 minggu sekitar 500 gram

Moms bisa melakukan pengecekan sendiri setiap harinya untuk mengetahui Takaran Jumlah ASI yang Dibutuhkan oleh Bayi dengan melihat ciri ciri bayi yang sudah kenyang.

Semoga bermafaat.