Komposisi ASI : Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Komposisi ASI : Kandungan Gizi dan Manfaatnya

KOMPOSISI ASI – Keunggulan Air Susu Ibu (ASI) sebagai nutrisi untuk bayi tidak diragukan lagi. Sayangnya banyak ibu belum paham akan manfaat ASI, sehingga sufor menjadi pilihan ‘terbaik’ menurut mereka.

Tapi banyak juga para ibu yang sudah memahami pentingnya ASI tapi karena keadaan sehingga mereka tak bisa memberikan ASI untuk buah hati tercinta.

Tulisan ini untuk memberi kita para ibu motivasi tambahan supaya lebih semangat dan pantang menyerah untuk bisa memberikan ASI, ‘pokok e ngeyel’ harus ASI.

Komposisi ASI (Air Susu Ibu)

Komposisi ASI nyaris tak tertandingi. ASI mengandung nutrisi yang secara khusus diperlukan untuk menunjang proses tumbuh kembang otak dan memperkuat daya tahan alami bayi

komposisi asi
ilustrasi komposisi asi dalam setiap tetes nya (source: mamabear.co.id)

Komposisi ASI (Air Susu Ibu):

  • Air 88,1%
  • Laktosa 7,0%
  • Lemak 3,8%
  • Protein 0,9%
  • Lainnya 0,2%

1. Komposisi ASI : Laktosa 7,0%

Laktosa adalah jenis karbohidrat utama dalam ASI yang berperan sebagai sumber energi.

Laktosa juga akan diolah menjadi glukosa dan galaktosa yang berperan dalam perkembangan sistem saraf. Nutrisi ini membantu penyerapan kalsium dan magnesium di masa pertumbuhan bayi.

2. Komposisi ASI : Lemak 3,8%


Lemak juga menjadi sumber energi utama si Kecil. Lemak juga berperan dalam pengaturan suhu tubuh si Kecil.

Lemak di ASI mengandung komponen asam lemak esensial yaitu: asam linoleat dan asam alda linolenat yang akan diolah oleh tubuh si Kecil menjadi AA dan DHA. AA dan DHA sangat penting untuk perkembangan otak bayi.

3. Komposisi ASI : Protein o,9%

Komponen dasar dari protein adalah asam amino yang berfungsi sebagai pembentuk struktur otak.

Beberapa jenis asam amino tertentu, yaitu taurin, triptofan, dan fenilalanin merupakan senyawa yang berperan dalam mengoptimalkan daya ingat.

Melihat komposisi asi kita sekarang tau begitu bermanfaat dan pentingnya untuk perkembangan otak bayi, ketahanan tubuh dan pentumbuhan fisik si kecil.

Ayo terus bersemangat berikan ASI untuk buah hati.

Happy breastfeeding. 

 

referensi: nutriclub.co.id/kategori/bayi/nutrisi/komposisi-asi/