Penyebab ASI Tidak Lancar dan Cara Mengatasinya

Penyebab ASI Tidak Lancar dan Cara Mengatasinya

PENYEBAB ASI TIDAK LANCAR – Hi moms, moms tentukan ingin si debay alias dedek bayi selalu sehat dengan asupan ASI yang cukup. Pernah terlintas dibenak moms bagaimana jika ASi tidak keluar.

Ternyata untuk kejadian atau kasus ASI tidak keluar merupakan kejadian yang bisa ditanggulangi dan dicegah lho.

Ingin tahu Penyebab ASI Tidak Keluar dan Solusi, ikuti terus review kami moms.

penyebab ASI tidak lancar

Kasus ASI tidak keluar bukan berarti sama sekali tidak keluar, ASI keluar namun dalam jumlah sedikit pun menjadikan moms merasa khawatir.

Akibat yang ditimbulkan jika ASI tidak keluar pun bisa langsung dirasakan oleh si Debay.

Hal ini menjadikan dilema dalam diri moms, disatu sisi ingin memberikan yang terbaik kepada si debay berupa ASI, namun disisi lain tidak bisa dikarenakan tidak keluar ASI yang sesuai jumlah yang dibutuhkan.

Keadaan yang seperti akan menjadikan tekanan untuk moms, dimana moms akan disuruh oleh orang terdekat untuk memberikan Susu formula untuk si adik bayi.

Untuk menghadapi situasi yang seperti ini, kami telah mempersiapkn tips dan trik kepada mom, dimulai dari penyebab ASI tidak keluar beserta solusi didalamnya.

Dikutip dari Menurut Dr. Anita Amalia Sari (Anggota Redaksi Medis Pedulisehat.Info). Inilah penyebab ASI tidak lancar :

1. Penyebab ASI Tidak Lancar Karena Kurangnya Stimulasi Menyusui

Semakin seringnya moms memberikan ASI kepada si kecil, makan akan semakin mudah ASI untuk dikeluarkan. Hormone Oksitosin yang berfungsi memperlancar keluarnya ASI akan semakin diproduk ketika bayi menyusui secara langsung.

Apa bila intensias moms dalam menyusui bayi kurang, maka dikhawatirkan akan mengurangi jumlah ASI yang diproduksi.

2. Tubuh Kelelahan, Stres dan Penyakit Ibu

Bagi moms yang bekerja, selalu menjaga diri agar tidak stress serta kelelahan maka harus melakukan kegiatan yang menyenangkan. Dengan mempersiapkan ASI perah sebelum berangkat bekerja maka kebutuhan si bayi akan terpenuhi.

Beberapa penyakit pun menjadi faktor dalam menurunkany jumlah ASI yang dihasilkan, seperti penyakit Anemi dan Tiroid.

3. Konsumsi Kafein, Rokok dan Alkohol

Kami sangat menyarankan untuk menghindari ketidak hal ini yakni Kafein, Rokok dan Alkohol. Hal terburuk dari mengkonsumi ini adalah tumbuh kembang anak yang terganggu

4. Efek Obat-Obatan dan Pil Kb

Selalu konsultasikan obat obatan yang akan diminum dan pil KB yang diguakan kepada dokter untuk mengurangi resiko ASI yang keluar sedikit.

Semoga beberapa penyebab ASI yang tidak lancar memberikan manfaat kepada anda.