Bagaimana Peran Suami Membantu Istri Dimasa Menyusui

Bagaimana Peran Suami Membantu Istri Dimasa Menyusui

Kesadaran untuk memberikan yang terbaik untuk bayi usia dini lewat pemberian ASI semakin meningkat, hal ini tidak lepas dari bentuk kasih sayang orang tua terutama ibu untuk anaknya. Namun peran besar tidak hanya diperankan oleh ibu saja, ayah ASI atau suami juga berperan penting untuk mensukseskan masa masa menyusui anak. Lantas apa saja peran suami disaat istri menyusui anak, berikut ulasan yang akan kami berikan kepada anda.

Dukungan Suami Untuk Istri Menyusui, Seberapa Pentingkah ?

Kandungan gizi yang terkandung dalam ASI sudah tidak perlu lagi diragukan lagi, namun untuk memberikan ASI kepada anak maka peran serta orang tua menjadi sangat penting. Tidak hanya ibu saja yang berperan penting, namun ayah memegang peran yang sangat besar agar sukses menyusui bayi diusia emas bisa dilakukan.

Bagaimana Peran Suami Membantu Istri Dimasa Menyusui
Bagaimana Peran Suami Membantu Istri Dimasa Menyusui

Beberapa manfaat ASI yang besar pun perlu diketahui oleh orang tua seperti mengurangi resiko obesitas, alergi, meningkatkan kecerdasan bayi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memudahkan bayi mencerna makanan disaat usus belum sempurna dan lain lain. dengan mengetahui berbagai macam macam manfaat, maka diharapkan orang tua untuk berusaha memberikan ASI kepada bayi hingga usia 2 tahun.

Peran aktif agar suksesnya pemberiaan ASI dilakukan oleh pasangan, baik ayah maupun ibu yang menjadi satu kesatuan orang tua.

Inilah beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai bantuan suami untuk istri dalam memperlancar proses menyusui istri.

  1. Memberikan dukungan penuh kepada istri baik lewat batin dan lahiriah untuk memberikan ASI kepada si bayi
  2. Membangun kontak batin dengan bayi, silahkan mengajak bayi untuk kontak langsung lewat seringnya menggendong, di ajak jalan jalan dan lain lain.
  3. Suami bisa membantu Istri untuk mempersiapkan ASI perah untuk bayi, hal ini khusus untuk usia bayi di atas tiga sampai empat minggu
  4. Temani istri untuk mencari Informasi yang berhubungan dengan ASI dan bayi
  5. Maklum dengan gairah seksual yang menurun disaat menyusui anak

Dengan mengetahui berbagai peran penting seorang suami, maka diharapkan proses menyusui bisa dilakukan dengan mudah dan lancar untuk kebaikan bayi kelak.