Cara Mengatasi Asi Yang Berlebih/ Hiperlaktasi

Cara Mengatasi Asi Yang Berlebih/ Hiperlaktasi

Sebagai ibu yang menyusui, momen menyusui anak merupakan momen bahagia karena hal ini termasuk mempererat hubungan antara anak dan ibu. Namun ASI yang terus menerus keluar selain waktu menyusui akan mengganggu kegiatan moms. Jadi, apakah moms merasa terganggu dengan ASI yang keluar tiba tiba ?

 

Sebelum anda memiliki prasangka bahwa masalah hiperlaktasi melanda anda, anda harus mengetahui secara jelas terkait dengan normalnya menyusui. Bagi ibu menyusui, pada awal kelahiran bayi akan mengalami kelebihan ASI yang cukup banyak, namun seiring waktu akan diseimbangkan sesuai dengan kebutuhan bayi. Hal ini juga menjadi perhatian pada kebutuhan ASI yang ada. anda tidak perlu kaget pada awal kelahiran anak, karena ASI yang banyak bisa menjadi persiapan dengan ASI Perah.

Namun, ada kasus lain yang berbeda semisal kasus ASI yang menyembur terllau banyak sehingga bayi kaget dan menolak untuk minum ASI yang dikeluarkan oleh ibu. Akibatnya bayi akan terus minum dan menjadikan bayi tersedak bahkan muntah. Untuk itulah moms harus tahu, apa saja penyebab hiperlaktasi atau kelebihan ASI.

Penyebab Hiperlaktasi yang sering kali dialami oleh moms,

  1. Ibu yang baru menyusui anak di minggu minggu pertama kelahiran bayi
  2. Terdapat kelebihan kelejar ASI pada ibu
  3. Terjadi ketidak seimbangan hormon pada tubuh ibu

Inilah upaya upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi hiperlaktasi atau mengatasi ASI berlebih.

  1. Menyediakan ASI perah sebagai persediaan untuk bayi
  2. Memberikan ASI disaat bayi sedang lapar
  3. Memperhatkan posisi bayi ketika proses menyusui ASI
  4. Hentikan proses Menyusui ketika bayi sudah kenyang

Bagi anda yang mengalami produksi ASI yang terlampau tinggi, maka sebaiknya anda jangan khawatir pada buah hati di awal, karena bisa jadi di minggu awal kelahiran bayi produksi ASI dalam jumlah besar menjadi suatu hal yang lumrah. Anda tidak perlu risih atau pun merasa tidak nyaman, silahkan mempersiapkan ASI perah untuk menampung produksi ASI berlebih.

Semoga memberikan manfaat kepada anda.