Bagaimana Cara Inisiasi Menyusu Dini (IMD) untuk Moms

Bagaimana Cara Inisiasi Menyusu Dini (IMD) untuk Moms

Moms, tentu khawatir manakala bayi yang baru lahir merasa kelaparan dan mencari tempat putting untuk selanjutnya menyusu disana untuk mendapatkan ASI Eksklusif. Tapi yang perlu Moms tahu adalah Cara Inisiasi Menyusu Dini (IMD). Pingin tahu apakah porse Inisiasi Menyusu Dini?

Bagaimana Cara Inisiasi Menyusu Dini
Bagaimana Cara Inisiasi Menyusu Dini

Cara Inisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah proses dimana bayi menyusu dengan segera setelah si dedek bayi dilahirkan, hal ini berkaitan dengan proses dimana bayi akan dibiarkan mencari putting susu ibunya sendiri tanpa mudahkan dengan disodorkan putting susu. Dengan melakukan proses Inisiasi Menyusu dini akan membantu dalam keberlangsungan proses pemberian ASI Eksklusif dikemudian hari plus lama menyusu di dedek bayi. Hal ini akan berimbas pada kebutuhan gizi si bayi hingga umur dua tahun di usianya plus mengurangi peluang kekurangan gizi pada anak.

Cara Melakukan Inisiasi Menyusui Dini

Yang perlu diketahui oleh moms adalah proses Inisiasi Menyusui Dini adalah proses alami dimana bayi sudah dengan sendirinya mencari ibu yang melahirkannya untuk menyusu ASI Eksklusif.

Proses akan dimulai setelah kelahiran si dedek bayi, sesaat setelah ari ari bayi dipotong, maka adik bayi akan diletakkan diatas dada si ibu. Hal ini dilakukan tanpa membersihkan si bayi kecuali tangannya.

Dengan proses kulit bayi bertemu dengan kulit si ibu maka terdapat peristiwa yang luar biasa terjadi, mekanisme yang dirancang oleh Tuhan yang dikaruniakan lewat ibu untuk anak terkasihnya. Suhu tubuh ibu setelah melahirkan akan 1 derajat lebih tinggi. Mekanisme pertama apa bila si bayi merasa kedinginan maka suhu tubuh si ibu akan naik 2 derajat untuk memberikan kehangatan, tapi jika si bayi kepanasan maka suhu ibu akan turun 1 derajat lebih rendah. Kehidupan inilah yang diberikan oleh Tuhan lewat anugerah dan karuniannya. Adaptasi si dedek bayi dengan ibunya membantu untuk memulai hidup didunia. Selama waktu 20-30 menit bayi akan diam untuk beradaptasi dengan ibunya. Hal ini juga menjadi salah satu peristiwa dimana si adik bayi menetralisir keadaan setelah mengalami trauma melahirkan.

Gerakan selanjutnya adalah si dedek bayi akan menggerakan kakinya secara otomatasi di atas perut ibunya, gerakan yang mirip seperti merangkak ini memiliki makna yang dalam. Gerakan diman seperti menginjak injak perut ibunya bertujuan untuk menghentikan pendaraan si ibu. Lama proses ini pun bergantung dari si bayi.

Gerakan selanjutnya adalah si bayi akan mencium tangannya, air ketuban yang tersisa ditangan akan sama baunya dengna putting ibu. Hal ini akan menuntun di bayi untuk bergerak mencari putting susu ibunya.

Selanjutnya putting susu akan dijilat oleh si dedek bayi, lama menjilatnya pun sesuai dengan kebutuhan si bayi karena akan menghilangkan bakteri jahat. Dan akhirnya si adek bayi akan menyusui lewat putting ibu.

Semoga cara Inisiasi Menyusu dini akan membantu anda dalam proses persalinan dengan adek bayi.